Holiday & Travel

Wisata Edukasi Desa Budaya di Samarinda

12:53 PM citra s 0 Comments


Storycitra-Samarinda merupakan Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Timur, yang sekaligus juga merupakan kota terpadat di Pulau Kalimantan. Jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia, aset pariwisata di Samarinda memang tidak banyak dikenal. Namun, kota ini sebenarnya juga memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Terkenal dengan Suku Dayaknya, Samarinda punya satu tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin menikmati wisata edukasi dan budaya di kota ini. Tempat itu adalah Desa Budaya Pampang.

Aset Unggulan Wisata Samarinda
Tidak salah memang jika Desa Budaya Pampang dinobatkan sebagai salah satu aset pariwisata unggulan Kota Samarinda. Pasalnya, keberadaan desa ini tebukti berhasil menyedot para wisatawan lokal serta mancanegara, terlebih bagi mereka yang menyukai wisata budaya dan ingin mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan Suku Dayak.

(sumber : news.lewatmana.com)

Lokasi Desa Budaya Pampang sendiri berada di Desa Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Untuk mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari pusat Kota Samarinda melalui jalan poros Samarinda – Bontang. Letak Desa Pampang berada di sebelah kiri jalan poros sebelum Bandara Sungai Baru. Dari pintu masuk menuju kawasan wisata Desa Pampang, Anda masih harus menempuh jarak sekitar 1 kilometer untuk menuju lokasi.

Tarian Adat Suku Dayak dan Rumah Tradisional Lamin Adat Pamung Tawai.
Setiap pekan, masyarakat lokal yang tinggal di Desa Pampang ini secara rutin selalu menggelar pertunjukan tarian adat Suku Dayak. Jika Anda terarik untuk menyaksikannya, Anda bisa datang di hari Minggu atau satu hari sebelumnya, karena pertunjukan tari akan digelar pada hari Minggu mulai dari pukul 14.00 sampai 15.00 WITA.

Pertunjukan tari tersebut digelar di dalam rumah adat Suku Dayak yang disebut Rumah Lamin Adat Pamung Tawai. Rumah tersebut terbuat dari kayu ulin dan dihiasi dengan ukiran Dayak yang berwarna hitam, putih, atau kuning di hampir semua bagian dinding hingga tiang penyangganya. Bahkan di bagian atapnya yang terbuat dari kayu Sirap, Anda juga akan menemukan ukiran kokoh di tengah atap serta sudut-sudutnya.

Keragaman Tarian Suku Dayak di Desa Budaya Pampang
Budaya Suku Dayang di Desa Pampang ini memang didominasi oleh tari-tarian adat. Tercatat, ada beberapa tarian yang selalu ditampilkan untuk para wisatawan di desa ini setiap minggunya. Mulai dari Tari Bangen Tawai, Kanjet Ayam Tali, Hudoq, Ajay Pilling, Kancet Lasan, Kancet Punan Lettu, Nyamala Sakai, dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, sebelum salah satu tarian tersebut dimulai, pembawa acara akan menjelaskan terlebih dahulu makna dari tarian yang akan ditampilkan. Contohnya Tari Kanjet Ayam Tali. Tari ini menggambarkan perbedaan suku, budaya, bahasa, serta bangsa, namun semuanya tetap satu.
 

Untuk menyaksikan pertunjukan tarian tersebut, Anda akan dikenakan biaya Rp15.000,00 per orang. Setelah menikmati pertunjukan tari, Anda juga bisa berfoto dengan penduduk setempat menggunakan baju adat Suku Dayak. Bagaimana? Menarik, bukan? Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Desa Budaya Pampang, Anda juga tidak perlu khawatir soal penginapan, karena Ada banyak hotel murah di Samarinda yangbisa dengan mudah Anda temukan, termasuk di antaranya hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan Airy Rooms.

Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti terbanyak. Meski tarif yang ditawarkan terjangkau, fasilitas yang disediakan hotel Airy ini bisa dibilang cukup lengkap. Di setiap kamar hotelnya, Anda akan mendapatkan fasilitas tempat tidur yang bersih, TV layar datar, AC, pancuran air hangat lengkap dengan peralatan mandinya, air minum, serta akses Wi-Fi gratis.


Selain itu, pemesanan kamar hotelnya pun praktis dan mudah. Anda hanya perlu melakukan pemesanan secara online malalui website atau aplikasi Airy Rooms yang ada di Android atau IOS. Setelah pemesanan berhasil, Anda bisa membayarnya melalui kartu kredit atau transfer.


Happy Story start from You








Note: Please visit my blog to  B Travelerkitabahagia, ngerumpi, petunjukhidup blog







0 comments:

Thanks for write comment. Remember all comment on moderation so please do not give spam. I love you who leave your polite comments. *wink