Featured Post

Hire Consultant Travel to Discover Tanjung Pinang

Do you want to travel to Tanjung Pinang, Bintan Island, Indonesia? Do you really want to discover some parts which You will love it. T...

Menelusuri Museum Kece di Jakarta


StoryCitra-Jakarta tidak hanya terkenal dengan kemacetannya tetapi juga surga kuliner dan tempat liburan. Apalagi liburan tidak perlu ke tempat mewah. Karena liburan memang tidak perlu mewah dan mengeluarkan banyak uang. Melihat museum juga bisa menjadi alternative menarik untuk liburan cantik.


Hari ini Citra mau cerita mengenai pengalaman waktu liburan ke Jakarta beberapa bulan lalu. Dimana dalam satu hari, aku menelusuri empat museum kece yang berlokasi di Kota Tua Jakarta. Siapa coba yang tidak mengetahui daya tarik dari Kota Tua Jakarta ini?

Museum Mandiri

Pertama kali yang aku kunjungi adalah Museum Mandiri, lokasinya tidak jauh dari halte busway Kota Tua Jakarta maupun Kereta Api Komputer Line. Saat itu, aku menggunakan kereta api dari bekasi dengan tujuan ke Kota Tua sebelum pulang ke kota Tanjungpinang. Museum Mandiri ini sangat menyenangkan ada beberapa koleksi yang membuat aku senang melihatnya. Selain sejarah mengenai perbankan tentunya.






Oh ya, koleksi Museum Bank Mandiri ini terdiri dari berbagai kegiatan mengenai perbankan zaman dahulu kala. Tidak hanya pada masa lampau tetapi juga perkembangan terkini. Koleksinya yakni perlengkapan operasional bank, surat berharga dan yang paling aku suka mata uang kuno.  Mungkin ada di sini adik-adik maupun anak-anak yang tidak mengetahui perlengkapan operasional masa dulu. Nah di sana ada banyak koleksinya mulai dari mesin tik, mesin hitung uang dan lainnya.




Seru banget menelusuri tiap sudut koleksi yang ada di Museum Bank Mandiri. Tidak perlu takut tersesat atau nyasar. Karena petunjuk jalannya sangat jelas.  Sebelum masuk ke museum Bank Mandiri jangan lupa titipkan tasnya di loket penitipan dan bawa perlengkapan untuk photo cantik. Selamat menjejaki kaki di Museum Bank Mandiri. Pastinya seru lho.

Museum Bank Indonesia

Jangan bosan ya, meskipun sama-sama museum tentang Bank, tetapi Museum Bank Indonesia memiliki design dan koleksi yang berbeda. Apakah itu? Penasaran kan? Terus terang aku suka sekali bangunan Mesum Bank Indonesia ini terlihat megah dan keren dari luar. Jangan hanya foto selfie di luar gedung museum Bank Indonesia tetapi intip juga ke dalamnya yang tidak kalah kece lho.




Take your time, karena musem Bank Indonesia ini lebih luas dan cocok jika kita bersantai mengunjungi tiap ruangan yang ada di museum satu ini. Tentunya pertama kita harus pergi membeli tiket dan loket penitipan barang. Tidak usah kuatir, di Bank Indonesia kita dikasih pinjam tas plastik transparan untuk menaruh barang penting kita, seperti dompet, kamera or power bank. Kan tidak asyik saat selfie eh, batre ponsel low bath.






Nah begitu masuk kita akan masuk ke zaman dahulu kala, masa penjajahan. Ada banyak pilihan koleksi di museum Bank Indonesia, yang paling aku suka adalah  ruang sejarah dan ruang emas moneter plus ruang numismatik. Pastinya keren banget deh.

Museum Wayang



Bosan tentang uang mulu ya, ya udah yuk ke museum yang rada santai dikit dan menghibur yakni Musuem Wayang. Aku sudah beberapa kali masuk ke museum wayang dan tidak pernah bosan. Walaupun koleksinya itu-itu saja tetapi terakhir kesana penataannya sedikit berbeda. Aku suka itu!






Namanya juga museum wayang tentunya museum ini memiliki banyak sekali koleksi wayang. Nah, aku juga baru tahu kalau di Sumatera juga ada wayangnya hihihi, tapi bentuknya bukan wayang kulit ya. Di Museum Wayang ini juga ada koleksi berbagai boneka dari manca negara lho. Seru banget, aku jadi tahu ada berbagai macam wayang dan juga boneka masa lampau yang pastinya keren habis untuk ditelusuri satu per satu.

Museum Fatahillah



Tapak tilas sejenak yuk ke Museum Fatahillah yang lokasinya tidak jauh dari museum wayang. Tahu tidak, Museum Fatahillah ini menjadi salah satu saksi sejarah Jakarta. Sebab,  banyak tersimpan lukisan orang belanda dan benda peninggalan sejarah yang dulu. Bahkan penjara bawah tanahnya juga masih ada lho.  Tidak perlu takut! Karena tempatnya sangat menyenangkan koq. Selepas kita mengelilingi museum. Kita bisa rehat.



Tahu tidak, ternyata ada banyak sekali museum di Jakarta. Itu baru empat museum dalam satu lokasi yang berdekat. Di Jakarta, rupanya gudang eh banyak tempat museum yang bisa dikunjungi seorang diri, bersama teman atau bahkan keluarga. Tidak percaya? Intip saja refrensi Museum di Jakarta di Blog Traveloka. Teman pasti semakin pengen menjalajahi setiap museum. Yuk, ke Jakarta dan mengunjungi museum kece.      


Happy Story start from You








Note: Please visit my blog to  B Travelerkitabahagia, Jejak Cantikngerumpi, petunjukhidup blog







1 comment

  1. Menarik juga ya kak kalo main ke dalam museum. Ntar kalo ke Jakarta mau disempetin deh main ke Museum.

    ReplyDelete

Thanks for write comment. Remember all comment on moderation so please do not give spam. I love you who leave your polite comments. *wink